Selasa, 15 September 2015

Tanya jawab seputar wifi

selamat malam para pemirsa :D dalam postingan kali ini penulis akan mengepost tentang tanya jawab seputar wifi .... oke langsung ke tkp



1. sebutkan spesifikasi dari wifi?   (jeli nios & aji)
Jawaban :
Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:
•802.11a
•802.11b
•802.11g
•802.11n

komentar :
buat tambahan aja
spesifikasi kecepatan  Frekuensi Band Sesuai spesifikasi
802.11b 11  Mbps  2.4 GHz            b
802.11a 54  Mbps  5 GHz               a
802.11g 54  Mbps  2.4 GHz            b,g
802.11n 100 Mbps 2.4 GHz            b,g,n



2. benda apa saja yang dapat mempengaruhi sinyal wifi?   (lana)

jawaban :
kramik, kertas, beton, bahan anti peluru, bahan yang mengandung perak, dan logam

komentar:
mungkin yang dimaksud dari benda beda di atas yaitu yang mempunyai pengaruh bukan hanya sekedarkertas biasa.



3. apa kelebihan dan kekurangan wifi dibandingkan dengan jaringan nirkabel lainnya?  (usman)

Jawaban :
dari segi jangkauan  kisaran wi-fi  sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Sedangkan Bluetooth, di sisi lain hanya memiliki jangakauan sekitar 30 kaki atau hanya 10 meter
Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana dan dengan demikian mereka tidak perlu dikonfigurasi. Pengguna hanya perlu mengaktifkan bluetooth agar bisa melakukan koneksi dengan perangkat bluetooth lain. Namun, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi jaringan diaktifkan, kita perlu menginstal router dan modem.

komentar :
setiap jaringan mempuyai kelebihan dan kekurangan nya masing masing yang pasti setiap jaringan sangat di butuhkan dalam bidang teknologi.

4. apa kelebihan wifi?  (riyan hidayat & dita)

Jawaban :
•Wi-Fi dikembangkan tanpa kabel dan menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4 GHz. Selain itu Wi-Fi dapat mengirim dan menerima kapasitas sampai 54Mbps.
•Wi-Fi menggunakan jalur akses jaringan / hot spot, dapat berkomunikasi ke semua komputer dan laptop.Wireless klien: PCMACIA / PC Card, Gateway, server, modem, router dan proxy.
•Memungkinkan LAN untuk digunakan tanpa kabel, biasanya mengurangi biaya penyebaran jaringan dan ekspansi. Ruang di mana kabel tidak dapat dijalankan, seperti area outdoor dan bangunan bersejarah, dapat menggunakan LAN Wireless.
•Harga Wi-Fi terus turun, membuat Wi-Fi merupakan pilihan yang sangat ekonomis mengenai jaringan

komentar :
tambahan ajah buat kelebihan wifi nya
•Produk Wi-Fi tersedia di pasar secara luas.
•Wi-Fi jaringan dukungan roaming, di mana sebuah stasiun klien mobile seperti komputer laptop dapat berpindah dari satu jalur akses ke jalur akses yang lainnya
•Wi-Fi adalah perangkat standar global. Tidak seperti operator selular, klien Wi-Fi yang sama bekerja di berbagai negara di seluruh dunia.
•Tersebar Luas di lebih dari 250.000 tempat umum, jutaan rumah, perusahaan dan universitas di seluruh dunia.
•Protokol baru untuk Kualitas Layanan (WMM) dan mekanisme power saving (WMM Power Save) membuat Wi-Fi lebih sesuai untuk aplikasi yang latency-sensitif (seperti suara dan video) dan perangkat kecil berbentuk-faktor.



5.bagaimana perkembangan wifi disetiap provinsi di indonesia?   (syahrul amin)

jawaban :
menurut referensi yang saya baca perkembangan wifi di Indonesia yaitu Indonesia Wifi biasa disebut dengan @wifi.id adalah layanan public internet dengan berbasis hotspot / wifi, yang sudah disediakan oleh pihak kantor TELKOM Group atau operator yang bekerja sama dengan PT. TELKOM. Karena maraknya teknolgi wireless di Indonesia, maka PT. TELKOM juga memberikan layanan yang memuaskan bagi para konsumen, dengan cara membangun hotspot sendiri yang bernama @wifi.id. Mungkin pernah menjumpai SSID @wifi.id di beberapa tempat yang ada di seluruh Indonesia pada saat kita menscanning dari gadget / smartphone kita. Contohnya, di sekolah saya sudah terpasang yang namanya hotspot / wifi dari PT. TELKOM, lalu pada saat saya scan di laptop, ternyata muncul SSID yang bernama @wifi.id. Kemudian saya koneksikan dan ternyata membutuhkan akses login untuk bisa menggunakan wifi.id.

komentar :
Setuju dengan jawabannya (y)



6. adakah perbedaan antara dua mode akses koneksi yang digunakan oleh wifi?   (timi)

Jawaban : perbedaannya yaitu pertama mode Ad-hoc / peer-to-peer yang artinya mode dimana komputer terhubung secara langsung hanya 2-3 komputer saja. Dan mode infrastructur yang artinya menggunakan Acces point  yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network) Wifi tersebut.

komentar :
tambahan dari referensi yang saya baca Jaringan Ad Hoc merupakan suatu jaringan yang terdiri dari dua atau lebih piranti wireless yang berkomunikasi secara langsung satu sama lain. Sinyal yang dihasilkan oleh interface adapter Jaringan Wifi adalah berarah Omni keluar ke rentang jangkauan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan, dan juga sifat dari piranti yang terlibat. Jangkauan ini disebut sebagai suatu area layanan dasar (BSA – Basic Service Area).




7. apa kelebihan dan kekurangan dari wifi hardware antara PCI dan USB?  (elita)

jawaban :
Kelebihan di USB
*Bentuknya yang praktis dan dapat dilepas.
*Fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC.
*Kekurangan di USB Dengan supply power kecil dari USB port alat ini juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antena yang ditanam didalam kaper plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangakat ini.

*Kelebihan di PCI
*Mudah dalam pemasangannya
*Kekurangan di PCI
*WIFI PCI  hanya dapat dipasang pada slot PCI yang ada pada motherboard/PC



8. media apa saja yang menggunakan fasilitas wifi?   (yayat & alga)
Jawaban : seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital.

komentar : Sekarang semakin berkembangnya teknologi , makin banyak juga device yang bisa terhubung ke wifi



9. apa saja kekurangan wifi?   (eka & riska)

Jawaban :
•Adanya kelemahan yang terletak pada konfigurasi dan jenis enkripsi. Kelemahan tersbut diakibatkan karena terlalu mudahnya membangun sebuah jaringan wireless.
•Wired Equivalent Privacy (WEP) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.
•Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional yang tidak konsisten di seluruh dunia.
•Konsumsi Power yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beberapa standar lainnya, membuat masa pakai baterai berkurang dan panas.
•Jaringan WiFi memiliki rentang yang terbatas. Sebuah router WiFi rumah mungkin memiliki kisaran 45m (150ft) indoor dan 90 juta (300ft) di luar rumah.

komentar :
 menurut referensi yang saya baca ada ebeberapa tambhan untuk kekurangan Wifi itu sendiri yaitu
*Keamanan harus lebih diperhatikan
 Jaringan Wi-Fi tidak dibatasi dengan penggunaan kabel untuk setiap penggunanya. Hal ini juga berarti tidak membatasi pengguna luar yang bisa secara ilegal terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi kita.
*Sinyal
 Meskipun kamu bisa bebas bergerak, tapi kamu juga harus memikirkan seberapa jauh kamu berada di area Wi-F. Tidak terasa memang masalah sinyal ini kalau kita tetap berada dekat di sumber sinyal.
*Bandwith
 Jaringan Wi-Fi sangat tidak cocok jika dalam jaringan yang dibangun nantinya diperuntukan untuk aktivitas transfer data berukuran besar. Salah satu penyebabnya adalah ketidakstabilan sinyal dan ada juga pengaruh interferensi.




10. sebutkan dan jelaskan mode akses koneksi pada wifi?   (tika, ririn & novi )

jawaban :
•Ad-Hoc
 Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.
•Infrastructure
 Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

komentar :
iya menurut referensi dari yang saya cari pun menyebutkan demikian .



11. apa kepanjangan IEEE?   (tamam)

Jawaban :
Institute of Electrical and Electronics Engineers.

komentar:
untuk tambahan nya IEEE adalah singkatan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers. IEEE sendiri adalah sebuah non-profit professional association yang bermarkas di New York dan memiliki lebih dari 400.000 anggota di seluruh dunia. Organisasi ini banyak bergerak di bidang learning and educating, tetapi juga memberikan banyak andil dalam standardisasi di dunia elektronik dan komputer. Kalo dikutip dari Wikipedia, ini menurutnya “IEEE standards affect a wide range of industries including: power and energy, biomedical and healthcare, Information Technology(IT), telecommunications, transportation, nanotechnology, information assurance, and many more.



12. mengapa pada wifi konsumsi power cukup tinggi yang dapat membuat masa pakai batrai berkurang dan panas? (tatang)

jawaban :
Mungkin menurut saya karena pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.



13. perbedaan wifi AP (acces point) dan wifi AP router?   (yuli)

jawaban :
wifi access point (AP) berperan sebagai pusat koneksi atau terminal penyambung bagi wifi clien sedangkan wifi AP router adalah perangkat access point yang diberi fitur tambahan seperti fungsi rooting.NAR dan DHCP server.

komentar:
tambahan dari referensi lain yaitu :
*Pada dasarnya Wireless Router berfungsi sama seperti wireless access point,
 sebagai penghubung wireless klien, hanya saja wireless router dilengkapi kemampuan untuk melakukan routing. Sedangkan untuk Wireless access point tidak memiliki kemampuan tersebut.
*Fungsi Network Address Translation dapat ditemukan pada wireless router,
 sedangkan pada wireless access point tidak ditemukan.
*Modem Dialler
 Dengan adanya Wireless router, modem bisa langsung disambung ke wi-fi router dan secara otomatis di-dial sehingga wireless klien dapat langsung terkoneksi dengan internet. Sebelum adanya wireless router koneksi internet via modem hanya dapat dilakukan langsung dari komputer atau perangkat jaringan tertentu.



14. apa kelebihan dan kekurangan dari mode koneksi ad-hoc dan infrastucture?  (hertiyanah)

Jawban :
Ad-hoc
 *kelebihan dari mode koneksi Ad-hoc atau sering disebut peer-to-peer keamanan jaringan nya lebih aman dan untuk harga nya lebih murah karena tidak memerlukan Access point untuk pembagi wifi nya.
 *kekurangan Ad-hoc adalah untuk pembagian data nya terbatas hanya bisa untuk 2-3 client saja.
Infrastructur
 *kelebihan dari mode koneksi infrastructur yaitu pada pembagian data nya bisa untuk banyak client karena menggunakan Access point.

komentar:
tambahan dari referensi lain :
AD-hoc
Kelebihan :
a.Murah
b.Praktis
c.Cepat
Kekurangan :
a.Tidak dapat terhubung ke internet.

INFRASTRUCTURE
Kelebihan :
a.Dapat terhubung ke internet
b.Memperluas dan menghubungkan ke jaringan LAN
c.Memperluas jangkauan wireless
d.Adanya fasilitas roaming
e.Manajemen jaringan
f.Bridge mode
Kekurangan :
a.Tranfer rate lebih rendah
b.Dibutuhakan kemampuan routing dan manajemen server
c.Mahal



15. apa pengertian wifi secara teknis oprasional?   (yanti)

jawaban :
Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan

komentar :
iya menurut referensi yang saya baca jugaseperti itu .



16. apa yang dimaksud dengan ad-hoc ? (jahidin)
jawaban :
Ad Hoc secara bahasa berarti “untuk suatu keperluan atau tujuan tertentu saja“. Dalam pengertian lain, jaringan ad hoc adalah jaringan bersifat sementara tanpa bergantung pada infrastruktur yang ada dan bersifat independen.

komentar :
buat tambahan pengetahuan ajah pengertian Ad Hoc Network adalah jaringan wireless yang terdiri dari kumpulan mobile node (mobile station) yang bersifat dinamik dan spontan, dapat diaplikasikan di mana pun tanpa menggunakan jaringan infrastruktur (seluler ataupun PSTN) yang telah ada. Contoh mobile node adalah notebook, PDA dan ponsel. Jaringan ad hoc disebut juga dengan spontaneous network atau disebut MANET (Mobile Ad hoc NETwork).



17. apa singkatan dari PCI dan apa fungsinya ?   (wahyudin)

jawaban :
PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk bisa digunakan beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.

komentar :
dari referensi yang saya baca dari sumber lain PCI adalah bus komputer komputer untuk memasang perangkat keras dalam komputer . Perangkat ini dapat mengambil baik bentuk sirkuit terpadu dipasang ke motherboard itu sendiri, disebut perangkat planar dalam spesifikasi PCI, atau kartu ekspansi yang cocok ke dalam slot. Bus PCI Lokal adalah umum modern PC , dimana telah mengungsi ISA dan Bus VESA Lokal sebagai standar bus ekspansi, dan juga muncul dalam banyak jenis komputer lain. Meskipun ketersediaan interface lebih cepat seperti PCI-X dan PCI-Express , PCI konvensional tetap menjadi antarmuka yang sangat umum.



18. mengapa Vic hayes di juluki sebagai bapak wafi?   (bahri)
jawaban :
karena perannya dalam membangun dan memimpin kelompok kerja IEEE 802.11 standar wirelles local area network dan karena itu di juluki sebagai bapak wifi

komentar :Setuju karena internet juga berkata begitu :D


19. kenapa wifi menpunyai sejarah keamanan yang berubah ubah ?   (johan)

jawaban :
karena sistem enskripsi pertamanya yaitu WEP terbukti mudah ditembus lalu kemudian WPA 2 ditambahkan sebagai protocol yang lebih berkualitas lagi.

komentar :
menurut saya karena untuk memperbaiki setiap perkembangan setiap tahun nya.



20. Berapa panjang Jangkauan maksimal wi-fi yang ada di dunia ?   (alan)

jawaban :
menurut saya Jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan .Dan di banyak bagian dunia, frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi, pengguna tidak diperlukan untuk mendapatkan izin dari pengatur lokal (misal, Komisi Komunikasi Federal di A.S.). 802.11a menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dan oleh sebab itu daya jangkaunya lebih sempit, lainnya sama.
Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalam IEEE 802.11b/g) beroperasi pada 2.400 GHz sampai 2.483,50 GHz.

Komentar : nice answer (y)



21. wimax bekerja pada frekuensi berapa ?   (ade)

jawaban :
diperuntukkan bagi perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max, yang bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz.

komentar:
WiMAX merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.



22. apa itu infrastructure dalam mode acces koneksi wifi? (sepriana)

jawaban :
Infrastruktur Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

komentar :
Jaringan infrastructure merupakan jaringan yang menggunakan suatu piranti Wifi yang disebut Access Point (AP) sebagai suatu bridge antara piranti wireless dan jaringan kabel standard. Konsep jaringan infrastruktur dimana untuk membangun jaringan ini diperlukan wireless lan sebagai pusat.
Wireless lan memiliki SSID sebagai nama jaringan wireless tersebut, dengan adanya SSID maka wireless lan itu dapat dikenali. Pada saat beberapa komputer terhubung dengan SSID yang sama, maka terbentuklah sebuah jaringan infrastruktur.


link inspirasi
http://novisutimah01.blogspot.co.id/2015/09/1.html#more

0 komentar:

Posting Komentar